Senin, 24 Desember 2012

Outing Class di SDN Anassappu

Gowa Center. Sekolah Dasar Negeri (SDN) Anassappu terletak Desa Bontobiraeng Selatan, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan merupakan salah satu sekolah mitra The Gowa Center untuk kegiatan Pendidikan Partisipatif menuju Pendidikan Berkualitas di Kab. Gowa.  SD ini merupakan salah satu sekolah dengan partisipasi orang tua yang aktif baik mengikuti pertemuan maupun dalam melaksanakan kegiatan di sekolah.  Seperti halnya pertemuan pembahasan Citizen Report Card (CRC) yang dilaksanakan November dan Desember 2012, setiap pertemuan diikuti 80 hingga 100 orang dalam setiap pertemuan.


Untuk mengapresiasi peran aktif mereka The Gowa Center mengajak anak-anak peserta didik di sekolah ini untuk belajar sambil bermain melalui Outing Class. Kegiatan serupa telah pernah terlaksana di SDN Kalase'rena, SDN Rappokaleleng, SDN Bontorikong, SLB Bunga Biraeng, dan SDI Salekowa.

Outing Class SDN Anassappu, Ahad, 23 Desember 2012.
Peserta belajar, makan bersama, menggambar di bawah pohon
Kanare (Makassar) Kenari (Indonesia).

Foto: Kurniati
Pada pertemuan pembahasan CRC tahun III di sekolah (22/12/12), para orang tua sepakat informasi pelaksanaan Outing Class  kepada anak-anak mereka. Mereka harus berkumpul di skeolah paling lambat pukul 07.00, dengan membawa bekal  berupa makanan dan minuman, buku tulis dan buku gambar, serta alat tulisnya.

Para peserta telah berkumpul di sekolah sejak pukul enam pagi (23/12/2012), meski jadwal disepakti pukul tujuh. Awalnya diperkirana kegiatan hanya diikuti 50-an siswa. Setelah say tiba di sekolah cukup kaget dengan antusiasme peserta didik, sebab 170-an peserta didik dari 182 jumlah siswa di sekolah hadir memenuhi halaman sekolah.  Mereka tampak riang menunggu waktu dimulainya kegiatan. 

Outing class merupakan model pembelajaran yang di desain Rumah Hijau Denassa (RHD) dan The Gowa Center sebagai kegiatan luar ruangan (kelas), belajar sambil bermain dengan memanfaatkan potensi sekitar sekolah atau mengunjungi tempat-tempat tertentu. Tumbuhan, hewan, sungai, bantilang, dan aktivitas warga menjadi bahan ajar dikaitkan dengan materi pembelajaran mereka di kelas (sekolah).

Outing Class dilaksanakan sejak tahun 2010, dimana peserta didik SDN Kalase'rena sebagai tempat pelaksanaan pertema kali. Kegiatan kemudian dilanjutkan di RHD.

Seperti halnya pelaksanaan Outing Class di sekolah lainnya, pelaksanaan di SDN Anassappu juga tetap mempertahankan aturan kegiatan ini.
Semua peserta diwajibkan memenuhi aturan seperti membawa makanan tampa pengawet, pemanis, perasa, dan pemanis buatan. Membuang sampah di tempatnya, tertib, dan antre. Mereka dipandu Nurlina, Kurniati, Novianti, dan Alwiah Hasan staf The Gowa Center dan Rumah Hijau Denassa.

Kegiatan hari ini dimulai dari sekolah, mengelilingi kampung Anassappu. Peserta diajak duduk dibawa pohon Kenari (Canarium ovatum) yang berada  di tengah kampung. Mereka mendengar kisah tentang tanaman, manfaat pohon, dan diajak mengenali tanaman disekitar mereka. Peserta kemudian diajak mengambar sekelilingnya dengan pensil dan krayon.

Pukul 11 siang kegiatan berakhir di sekolah. Semua  peserta kembali ke rumah dengan egenda lanjutan mengisahkan pengalaman pagi ini pada orang tua. Mereka juga diminta menuliskankisahnya hari ini dalam sebuah cerita. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar