Selasa, 06 Oktober 2009

PROFIL THE GOWA CENTER

Perkenalan The Gowa Center

Assalamualaikum Warahmatullahiwabarakatuh


Reformasi sebagai salah tonggak sejarah perjalanan Bangsa Indonesia juga menjadi tonggak banyak organisasi kemasyarakatan. Kebebasan berorganisasi, berkumpul, dan berpendapat menjadi nyata ditengah-tengah masyarakat pada era ini.

Kehadiran banyak organisasi memberi ruang dan peluang kontestasi yang semakin ketat. Sehingga tidak jarang ada yang lupa bahwa geraknya telah melewati eksistensi dan subtansi dari marwah pendiriannya.
Jika rivalitas adalah keniscayaan maka sesungguhnya kontestasi lokalitas, regional, dan kebangsaan bukanlah saling menemukan kehilafan dan mencari kesalahan karena lawan kita sesungguhnya adalah kebodohan, kemiskinan, dan ketidakpedulian kita pada sesama.

Produk lain reformasi adalah undang-undang tentang otonomi daerah, yang memberi keluasan kepada daerah untuk mengolah sumber daya di wilayahnya. Pelimpahan wewenang pusat ke daerah sekali lagi membuka ruang dan peluang pengolahan swadaya pada potensi yang dekat dengan diri kita. Disisi lain sebagai sebuah produk, regulasi ini memberi efek yang menebalkan sekat-sekat daerah, meskipun kita sudah dilingkupi masa kesejagatan. Ruang dan gerak kita terbatasi oleh batas geografis maupun etnologis yang sering kita naifkan secara artikulatif tetapi mungkin masif dalam perangai dan tindakan kita. The Gowa Center

Berdasarkan realitas inilah, setelah melintasi perenungan dan interaksi yang dalam bersama banyak pihak, memberi kami energi dan semangat untuk menyatukan cita dan harapan, mewujudkan sebuah organisasi yang kelak menjadi pemersatu, penyemangat, dan melintasi batas namanya sebagai bagian dari penyadaran kepada kita semua bahwa kebersamaan dan pemahaman akan memberikan semangat dan kekuatan juga mengijabkan interaksi yang membahagiakan yang kelak memudahkan kita mencapai cita-cita bersama.

VISI DAN MISI The Gowa Center

VISI The Gowa Center

Membangun masyarakat yang sadar dengan identitasnya, terdidik, kritis, berkualitas, serta terlaksananya tata pemerintahan yang baik, bersih, dan berkeadilan untuk tercapainya tatanan kemasyarakatan yang bermartabat.

MISI The Gowa Center

  1. Mengembangkan The Gowa Center sebagai pusat kajian dan pembelajaran demokrasi kelembagaan, penerpan nilai, struktur, dan peran dalam bermasyarakat.
  2. Menggiatkan penguatan kapasitas dan jaringan organisasi masyarakat sipil dalam rangka membangun kemandirian lembaga.
  3. Melakukan advokasi kebijakan dalam rangka pemenuhan hak-hak dasar rakyat, termasuk kebijakan-kebijakan yang mendorong pengembangan organisasi masyarakat sipil yang sehat.
  4. Mendorong terbangunnya sinergi antar organisasi masyarakat sipil dalam rangka memperjuangkan demokrasi dan hak-hak dasar rakyat. Gowa Center
  5. Menjadi pusat pengkajian, dokumentasi, dan publikasi budaya, sosial, politik, masyarakat Gowa dan masyarakat pendukungnya dulu, sekarang, dan akan datang.
  6. Membangun citra Lembaga Swadaya Masyarakat yang peduli dan bersahabat, serta mendorong relasi harmonis antar Organisasi Masyarakat Sipil, pemerintah, dan masyarakat.
The Gowa Center
MOTTO
Peduli dan Bersahabat

The Gowa Center
KEORGANISASIAN

DEWAN PENDIRI

PENGURUS

KETUA
H. Mappa

SEKRETARIS
Hasina Fajrin Rangga

BENDAHARA
Alwiah Hasan

PELAKSANA

Direktur
Darmawan Denassa

Bidang Pendidikan dan Litbang
Akhyar Hidayat


Bidang Jaringan dan Advokasi
Ilham Akbar

Bidang Pemberdayaan Perempuan
Marhaeni

Bidang Sosial, Budaya, dan Ekonomi
Abdul Chalid

Bidang Penerbitan dan Dokumentasi
Asriadi
M. Firdaus

Manajer Keuangan

Asriani

Unit Rumah Baca
Chairil Anwar

Staf Administrasi
Syamsu Rijal
Masni

Office:
Jl. Borongtala No. 58 A Tamallaeng - Gowa, Sulsel 92153
Phone: +62 418 – 2327 529
Fax: +62 418 – 2327 529
E-mail: theowacenter@gmail.com

1 komentar: