Senin, 28 Juli 2014

Kelurahan Tamallayang

Gowa Center. Kelurahan Tamallayang merupakan ibukota kecamatan Bontonompo, kabupaten Gowa, provinsi Sulawesi-selatan. Salah satu dari tiga kelurahan di kecamatan ini. Terletak di jalur jalan nasional yang menghubungkan antara Makassar dengan kabupaten di bagian selatan seperti Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Selayar, dan Sinjai.

Rumah Hijau Denassa (RHD) merupakan kawasan konservasi
swadaya didirikan oleh Darmawan Denassa yang terletak di
kelurahan Tamallayang, Gowa. (Foto: RHD)
Kelurahan Tamallayang beribukota di Rappokaleleng, berjarak 17 km dari Sungguminasa, ibukota kabupaten Gowa. Pada kelurahan ini terdapat fasilitas dan kantor tingkat kecamatan seperti kantor camat, kantor urusan agama (KUA), dan lapangan sepak bola di Bontocaradde, Puskesmas di Borongtala, pasar di Rappokaleleng, kantor UPTD Diknas, Mapolsekta, Koramil, SMPN 1 Bontonompo, dan kantor pos di Tamallaeng. SMAN 1 Bontonompo di Gangga.

Tamallayang berbatasan dengan beberapa desa dan kelurahan lain di Bontonompo, anatar lain pada bagian barat berbatasan dengan desa Bontolangkasa dan kelurahan Bontonompo, bagian timur berbatasan dengan kelurahan Kalase'rena, bagian selatan berbatasan dengan Bontolangkasa, dan bagian utara berbatasan dengan desa Panyangkalang kecamatan Bajeng.

Terdapat dua sekolah dasar di Tamallayang masing-masing SDN Center Rappokaleleng dan SDI Bontonompo di Tamallaeng. Di kelurahan ini juga berlokasi SMK Garudaya. Terdapat satu unit PAUD SPAS, satu unit Taman Kanak-kanak yakni TK Pertiwi Bontonompo.

Terbagi atas empat lingkungan, yakni Borongtala, Rappokaleleng, Tamallaeng, dan Gangga. Memiliki populasi penduduk terbesar di Bontonompo.

Pada kelurahan ini terdapat satu kawasan konservasi lingkungan, budaya, dan tempat belajar bersama bernama Rumah Hijau Denassa (RHD) yang telah dikenal luas di masyarakat. Kawasan ini telah menyalamatkan ratusan jenis tumbuhan dan flasma nutfah lain untuk menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati nusantara khususnya kawasan Wallacea. RHD didirikan oleh Darmawan Denassa pada tahun 2007 silam. (TGC) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar