Senin, 04 Mei 2015

Kecamatan Tompobulu

Gowa Center. Nama Kecamatan Tompobulu di Sulawesi Selatan (Sulsel) terdapat dibeberapa kabupaten antara lain di Gowa, Maros, dan Bantaeng. Tompobulu secara etimologi berasal dari dua kata dalam bahasa Makassar yakni Tompo dan Bulu. Tompo bermakna puncak, ketinggian, atau di atas, sedangkan Bulu bermakna gunung. Dengan demikian Tompobulu dapat diartikan sebagai wilayah yang berada di pegunungan.
TGC. Peta Kelurahan Malakaji di Tompobulu, Gowa, Sulsel
(Sumber: Google Map)


Dalam uraian ini kita akan memberikan beberapa data tentang kecamatan Tompobulu di kabupaten Gowa. Tompobulu beribukota di  Malakaji berjarak sekitar 147 km dari Sungguminasa, ibukota kabupaten Gowa.  Merupakan daerah dataran tinggi dengan rata-rata ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut.

Batas wilayah dan akses

Tompobulu berbatasan dengan kabupaten Sinjai pada sebelah utara, kabupaten Jeneponto sebelah selatan, kecamatan Biringbulu sebelah barat, dan kabupaten Jeneponto di sebelah timur.

Terdapat beberapa akses mencapai kecamatan ini antara lain akses jalan Pallangga-Bungaya, jalan Palleko (Takalar)-Biringbulu, dan Sungguminasa-Jeneponto. Akses utama yang dpergunakan warga sejak puluhan tahun silam akses terakhir jalan nasional yang menghubungkan Makassar ke Jeneponto, karena dua akses pertama kondisi jalannya masih kurang baik selain jalur itu dipenuhi tanjakan.

Wilayah administratif dan penduduk

Kecamatan Tompobulu dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Gowa Nomor 7 Tahun 2007 Tentang Pembentukan Kecamatan di Kabupaten Gowa. Kecamatan ini dibagi dalam enam desa dan dua kelurahan sebagai pembagian wilayah administratifnya.

Berikut nama desa dan kelurahan di kecamatan Tompobulu:

Jumlah penduduk kecamatan Tompobulu (2013) sebesar 29.749 jiwa yang terdiri dari laki-laki
14.385 jiwa dan perempuan sebesar 15.364 jiwa dengan jumlah rumah tangga 7.534. Penduduk Penduduk Tompobulu umumnya berprofesi sebagai petani padi, palawija, dan berkebun kopi, sebagian warga bergerak pada usaha sektor non pertanian terutama perdagangan.

Fasiltas umum

Beberapa fasilitas umum yang terdapat di  Tompobulu seperti sarana pendidikan antara lain Taman Kanak-Kanak (TK) sebanyak enam unit, Sekolah Dasar Negeri (SDN) sebanyak 11 unit,
Sekolah Dasar Inpres (SDI) sebanyak 11 unit, Sekolah Menengah Pertama sebanyak lima unit, Sekolah Menengah Atas sebanyak satu unit. Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak enam unit, Madrasah Tsanawiah (MTs) sebanyak empat unit, dan  Madrasah Aliyah (MA) sebanyak tiga unit. (Darmawan Denassa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar