Sabtu, 21 November 2009

Desa Bontolangkasa

Gowa Center. Desa Bontolangkasa terletak di kecamatan Bontonompo, kabupaten Gowa, Sulawesi-Selatan, Indonesia. Bontolangkasa salah satu desa tertua di Gowa yang telah dimekarkan menjadi beberapa desa diantaranya Barembeng, Kale Barembeng, Bontolangkasa Selatan, dan Katangka.
Darmawan Denassa, pendiri The Gowa Center (TGC)
sedang berinteraksi dengan Kelas Komunitas Rumah
Hijau Denassa (RHD) di SPAS desa Bontolangkasa, di
Bontorikong (Foto: Nurlina Daeng Lino) 


Bontorikong, Bontolangkasa, dan Bontosunggu merupakan kampung-kampung utama yang masuk dalam wilayah administrasi desa Bontolangkasa. Ketiga kampung ini juga merupakan nama dusun di desa ini.

Secara historis Bontolangkasa dikenal luas karena terdapat tiga orang raja Gowa bergelar Karaeng Bontolangkasa. Warga Bontolangkasa juga merupakan penghuni utama beberapa kampung di Bontonompo yang telah berubah menjadi desa seperti Bategulung.

Di desa ini terdapat beberapa fasilitas umum seperti sekolah Dasar Negeri (SDN) Bontorikong, TK Ikambe, tempat ibadah, puskemas pembantu (Pustu), Pendidikan Anak usia Dini-Sanggar Pendidikan Anak Saleh (PAUD SPAS), lapangan olah raga, dll. 

Di desa ini juga terdapat beberapa organisasi dan kelompok warga seperti Comunity Center Julukanaya, karang taruna, dan komite sekolah. (Alwiah Hasan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar