Senin, 30 November 2009

PERTEMUAN APPRECIATIF KABUPATEN
Pertemuan Appreciatif Kabupaten (PAK) merupakan sebuah metode perencanaan yang bertempu pada apresiasi atau memberi penghargaan pada kerja-kerja terbaik yang pernah dilakukan berbagai pihak. Metode ini sejalan dengan Asset Based Approach (ABA) atau pendekatan bertumpu pada kekuatan juga Apprecatif Inqury.
Dengan demikian ketiganya saling berhubungan dalam pelaksanaan pertemuan.
The Gowa Center menfasilitasi pelaksanaan PAK Gowa dan Takalar atas dukungan
Australian Community Development and Civil Society Strengthening Shcame (ACCESS) Phase II.
PAK Gowa dilaksanakan dari tanggal 9-12 Oktober 2009, dan Takalar dilaksanakan pada tanggal 14-17 Oktober 2009 di Unit Diklat PLN Mawang.
Tujuan pelaksanaan PAK adalah menyusun visi dan Agenda Bersama Kabupaten (ABK) dalam rangka mendorong Tata Keperintahan Lokal yang Demokratis (TKLD) di masing-masing kabupaten.
ABK ini kelak akan dipilih oleh organisasi lokal di masing-masing kabupaten, sesuai minat mereka, untuk mendorong terwujudnya visi kabupaten yang disusu bersama dalam pelaksanaan PAK.
Karena bertumpu pada kekuatan maka dalam melaksanakan perencanaan dalam kegiatan ini, maka aset atau kerja terbaik yang pernah dilakukan para aktor yang terlibat menjadi dasar penyusunan rencana.
Dalam pelaksanaan kegiatan peserta diajak mengikuti tahapan kegiatan yang dibagi dalam lima sesi mulai dari definisi, discovery, dream, desagn, dan distiny.
Bersama untuk mendorong mimpi bersama dalam nuansa appresiatif ini diikuti oleh 72 orang dari dua sesi kegiatan.
Setelah penyusunan ABK, para peserta akan kembali bertemu dengan mengajak berbagai pihak yang diharapkan ikut berpartisipasi dalam mendorong tercapainya visi kabupaten. Kegiatan lanjutan itu disebut dengan pemasaran agenda yang dilaksankan dalam pertemuan sehari. (DN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar