Selasa, 26 April 2011

Perpustakaan Denassa


Gowa Center. Perpustakaan Denassa didirikan sejak tanggal 28 Juli 1999, awalnya hanya sebuah perpustakaan pribadi dari buku-buku yang dikumpulkan sebagian pendukung pembelajaran Darmawan Denassa saat menempuh pendidikan di Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin (FS-UH) Makassar.

Kegemaran membaca, mengumpulkan, dan mengoleksi buku, foster, brosur, dll mempermudah bertambahnya koleksi. Semangat untuk menyebarkan pengetahuan mendorong Darmawan Denassa membuka perpustakaan sejak tahun 2006 dengan pengkalsifikasian sederhana dan sebagian menggunakan Dewey (DDC).
Rentan waktu 2006-2009 sudah banyak yang memanfaatkan koleksi baik membaca  buku di tempat maupun dengan cara meminjam koleksi. Karena pengelolaan yang belum baik, perpustaakaan ini mengalami banyak kendala termasuk kehilangan beberapa koleksi karena beberapa peminjam yang tidak mengembalikan koleksi yang mereka bawa.

Pada tahun 2010 sebuah tempat berbahan dasar kayu (rumah panggung) didirikan dalam areal Rumah Hijau Denassa, pada bangunan kayu inilah Perpustakaan Denassa saat ini berada, dimana sejak akhir Desember 2010 telah dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan diantaranya:
-    24 Desember 2010 Disksui Tematik Pendidikan Mendorong Partisipasi Pemuda  dalam   Pembangunan Pendidikan di Kab. Gowa.
- 26 Desember 2010 Foccuss Group Discussion Pendidikan Partisipatif menuju Pendidikan  Berkualitas di Kab. Gowa.
-   27 Desember 2010 Musyawarah Koordinatorat Himpunan Pelajar Mahasiswa (Hipma) Gowa Kec. Bontonompo. 
-  1 April 2011 Pengorganisasian Warga oleh Resource Management  and Development Consultan (Remdec).
-   18-19 April 2011 Teknikal Asistensi Women Leadership  kerjasama The Gowa Center – Gita Pertiwi – dan ACCESS Phase II.
-     20 April 2011 Pertemuan Silaturahmi Makassar Preneur dengan The Gowa Center.
-    30 April 2011 Diskusi Tematik Pendidikan: Profesionalisme dalam pengelolaan Dana BOS.
-     22 Mei 2011 Outing Class Rumah Hijau Denassa dengan tiga SDN di Bontonompo.
-     25 Mei 2011 Outing Class Rumah Hijau Denassa dengan tiga SDN di Bontonompo.

Pengeloaan Sampah dan Peduli Lingkungan
Perpustakaan Denassa yang terintegrasi dengan Rumah Hijau Denassa dan kafe Leko menjadikan perpustakaan ini mendorong pengunjung bukan hanya membaca buku dan koleksi yang ada, tetapi harus peduli pada lingkungan. Dalam perlakuan sampah misalnya pengunjung wajib memilah sampah sesuai jenisnya dan  membuangnya pada tempat yang telah disediakan.
Pengunjung juga dilarang merokok di dalam perpustakaan untuk menjaga kenyamanan dan melindungi hak pengunjung lain yang tidak merokok.

Reservasi 
Perpsutakaan Denassa dapat dijadikan sebagai tempat pelaksanaan pertemuan dengan kapasitas 25 orang.
Silahkan hubungi:
T: 0411 57 97 5 97
F: 0418 23 27 5 29
email:  perpusdn@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar