Rabu, 04 Mei 2011

Bontonompo Selatan

Gowa Center. Kecamatan Bontonompo Selatan merupakan satu dari 18  kecamatan di Kabupaten Gowa. Terletak di dataran  berbatasan dengan hanya satu  kecamatan lain  di Gowa, yakni Kecamatan Bontonompo di Sebelah Utara.  Pada bagian Barat, Selatan, dan Timur dengan Kabupaten Takalar.

Bontonompo Selatan merupakan daerah dataran yang berbatasan sebelah Utara Kecamatan Bontonompo, bagian Selatan Kabupaten Takalar, bagian Barat dan  Timur  Takalar. Dengan jumlah desa/kelurahan sebanyak 9 ( sembilan ) desa dan dibentuk berdasarkan Perda Nomor 7 Tahun 2005. Ibukota kecamatan terletak di  Bontoramba dengan jarak sekitar 30 km dari Sungguminasa.

Jumlah penduduk  Bontonompo Selatan sebesar 27.617 jiwa, terdiri atas laki-laki 13.383 jiwa dan perempuan 14.234 jiwa. Beberapa fasilitas umum yang terdapat di Bontonompo Selatan seperti sarana pendidikan antara lain TK sebanyak delapan unit, SDN delapan unit, SDI 12 unit, SMP satu unit, MI delapan unit, MTs tiga unit, dan MA dua unit. 

Potensi Bontonompo Selatan yang tidak dimiliki kecamatan lain di Gowa adalah pantai. Bontonompo Selatan memiliki garis pantai sekitar satu km dikenal dengan nama Pantai Manggesu, yang juga merupakan panjang garis pantai yang ada di Gowa. (TGC).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar