Minggu, 02 Januari 2011

Penjelasan Tahapan Pembelajaran


Usaha mempertemukan kembali guru dengan orang tua peserta didik dan warga kami desain dalam sebuah kegiatan bertajuk Penjelasan Tahapan Pembelajaran. Dalam kegiatan ini guru menjelasakan kepada orang tua peserta didik dan warga, tahapan yang telah mereka rencanakan dalam satu tahun atau satu semseter pembelajaran. Dengan penjelasan ini warga khususnya orang tua diharapkan mendampingi anak-anak mereka sesuai tahapan yang ada, sehingga mempermudah proses belajar mengajar pada peserta didik.


Latar belakang kegiatan ini, muncul dari penelitian yang telah dilakukan TGC, dimana terdapat fakta bahwa partisipasi masyarakat dan orang tua peserta didik ikut berperan dalam proses belajar mengajar dan mendampingi anak-anak mereka mulai menurun. Padahal penelitiannya dilaksanakan pada era pendidikan gratis sudah efektif terlaksana.
Kurang pedulinya warga juga orang tua pada pendidikan di sekolah sepenuhnya bukan kesalahan mereka, karena sekolah pun sangat jarang yang masih melakukan kerjasama dengan orang tua, khususnya yang mengundang orang tua dan warga datang ke sekolah.



Kegiatan ini sudah terlaksana di beberapa sekolah, bahkan diantara sekolah terdapat beberapa terus melanjutkan pertemuan. Hal ini memang kami dorong, agar sekolah dan warga bisa melaksanakan sendiri secara mandiri.
Semoga terus memberi manfaat dan warga sekolah maupun warga masyarakat bisa berkreasi dan berinovasi mendorong pendidikan yang lebih berkualitas dan bermatabat.
(DN)

2 komentar:

  1. Bagaimana pengembangan kegiatan ini sekarang. Jika dilaksanakan di pertengahan T.A. sebaiknya desainnya bagaimana.

    BalasHapus
  2. Ae, Daeng tuh yang punya ide. Didiskusikan ke dia aja yang, yah.

    BalasHapus