Rabu, 12 Januari 2011

Berawal dari Penjelasan Tahapan Pembelajaran

Orang tua peserta didik di kelas IV SD Negeri Kalase’rena mengadakan Arisan agar mereka bisa berkumpul dan membicarakan perkembangan pendidikan anak-anak mereka setiap bulan, baik antara sesama orang tua maupun dengan guru dan pengelola sekolah.

Ernawati, tidak kuasa menahan kegembiraanya ketika mendengar nama anaknya disebut, pertanda dia sebagai penerima arisan pertama. Sejak tanggal 22 September 2010 ketika mengikuti Pemaparan Tahapan Pembelajaran, salah satu kegiatan dalam program Pendidikan Partisipatif dia dan 33 orang tua lainnya bersepakat mendirikan arisan sebagai wadah mempertemukan mereka setiap bulan. Tujuaannya agar komunikasi yang hari itu mulai terbangun bisa terus berlanjut. Mereka sangat senang dengan kebersamaan hari itu, karena untuk pertamakalinya mereka baru tahu guru kelas anak mereka, selain memperoleh pemaparan umum prestasi maupun tantangan pendidikan anak-anak mereka di sekolah. Mereka juga menyepakati 10% dari dana arisan itu disumbangkan untuk pembenahan kelas.
Untuk bulan pertama pelaksanaan arisan ini (21 Oktober 2010) mereka sudah bertukar informasi dengan guru tentang perubahan perilaku serta kemajuan yang dialami anak-anak mereka selama satu bulan terakhir, juga orang tua anak dengan prestasi lebih baik berbagi pengalaman tentang strategi pendampingan pendidikan yang dilakukan.

Kesepakatan bulan ini, 10% sumbagan arisan mereka belikan cat, lalu mereka bersama-sama mendandani ruang kelas anak-anak mereka. Bulan depan mereka bertemu lagi, dengan mengajak semua peserta didik untuk menvisualisasikan mimpinya masing-masing melalui gambar didampingi orang tuanya. (TGC)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar