Selasa, 08 Maret 2011

SDN Kalase'rena

Gowa Center News. Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kalase'rena terletak di Kalase'rena Kelurahan Kalase'rena Kecamatan Bontonompo Kab. Gowa. Sekolah ini terletak disebuah jalan yang menuju Balaburu, tidak jauh dari jalan negera yang menghubungkan Makassar dengan kabupaten bagian selatan Sulawesi Selatan seperti Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Bulukumba.

SDN Kalase'rena merupakan salah satu mitra langsung (ML) Pendidikan Partisipatif menuju Pendidikan Berkualitas di Kab. Gowa, selain SDN Rappokaleleng, SDN Bontorikong, SDI Bategulung, SDI Ta'bingjai, SDI Salekowa, SDN Romaglasa, SDN Anassappu, SLB Bunga Biraeng, SDI Palompong, dan  SMPN 1 Bonotonmpo.
Sekolah ini menjadi best practice partisipasi orang tua peserta didik mendorong [erbaikan di kelas. Orang tua di kelas IV intensif bertemu sejak September 2010 sampai saat ini. Pertemuan berlangsung setiap tanggal 20, dilaksanakan agar orang tua bisa mengkomunikasikan perkembangan pendidikan anak-anak mereka dengan guru dan pengelola sekolah.

Potensi Sekolah
Sekolah ini berdekatan dengan masjid jami di Kalaserena yang bisa dikembangkan sebagai media ajar untuk pengembangan karakter, selain itu berdekatan pula dengan Sanggar Pendidikan Anak Saleh (SPAS), irigasi, dan perkampungan warga merupakan suasana di sekitar lingkungan sekolah yang dapat manfaatkan sebagai media ajar yang menyenangkan bagi peserta didik. 
Selain lingkungan terdapat pula cerita tentang sejarah yang melatarbelakangi penyebutan kampung letak sekolah itu diberinama Kalase'rena dan kampung di sekitar sekolah seperti Pattontogang, Parangma'lu'lu, Pammase, Sela, Balaburu, dll.

Tantangan
sekolah ini masih menghadapi kendala utama, dimana saat ini (2010- awal 2011), masih kekurangan tenaga pengajar khususnya guru kelas. Karena kendala ini, SDN Kalase'rena harus meminta guru honor menjadi guru kelas (wali). 
Tantangan lain terjadi pada saat hujan, dimana sekolah akan mengalami kebanjiran jika hujan turun dengan deras. Tahun 2010-2011 sudah berkali-kali sekolah ini mengalami kebanjiran, yang mengakibatkan tidak efektifnya PMB dan merusak fasilitas sekolah.
Warga dan pihak sekolah telah mengusulkan perbaikan sekolah melalui Musrembang keluarahan dan kecamatan 2011. (Darmawan Denassa).

1 komentar:

  1. Pembenahan komite sekolah harus dilakukan dengan semangat untuk maju. Sekolah dan orang tua harus lebih kreatif mendorong komite untuk memberikan karya yang lebih nyata.

    BalasHapus