Kamis, 14 Februari 2013

9 Kecamatan Dataran Rendah di Gowa

Gowa Center.  Kabupaten Gowa secara administratif dibagi ke dalam 18 kecamatan. Pembagian wilayah di Gowa juga sering dihubungkan dengan letak geografis khususnya berhubungan dengan dataran rendah dan dataran tinggi. 



Warga Gowa sedang mengikuti pertemuan di salah satu sekolah.
Foto: Mursal
Uniknya dari 18 kecamatan itu, sembilan diantaranya merupakan kecamatan yang berada di dataran tinggi. Selebihnya sembilan kecamatan lain terdapat di dataran rendah.
Berikut kecamatan yang berada di dataran rendah: Sombaopu, Pallangga, Barombong, Bajeng, Bajeng Barat, Bontonompo, Bontonompo Selatan, Bontomarannu, dan Pattallassang.

Luas wilayah sembilan kecamatan ini hanya memiliki 27,64% dari luas wilayah kabupaten, tetapi dihuni sekitar 70%  penduduk. Banyak faktor yang mempengaruhinya antara lain, dataran rendah lebih dekat bahkan berbatasan langsung dengan Kota Makassar, saran dan prasaran penunjang lebih banyak di dataran rendah, secara sosiologis dataran rendah didiami lebih banyak penduduk sejak masa kerajaan bahkan  menjadi pusat pemerintahan.

Sebagai kabupaten yang berbatasan langsung dengan Makassar menjadikan wilayah dataran rendah Gowa sebagai alternatif bermumkim kaum urban. Baik yang bekerja di Makassar maupun daerah sekitarnya (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar