Selasa, 22 Februari 2011

Semangat Baru Komite SDN Bontorikong

Gowa CenterSDN Bontorikong yang terketak di Desa Bontolangkasa, merupakan salah satu sekolah tua yang terdapat di Kab. Gowa. Di sekolah ini mantan Bupati Bantaeng sekaligus mantan Ketua DPRD Gowa dua periode Mallingkai Maknun pernah mengabdi sebagai guru. Sekolah ini juga pernah menghasilkan tokoh-tokoh Sulsel seperti Syamsu Rijal yang pernah menjadi Wakil Walikota Makassar dan Prof. Nurdin Yatim Guru Besar Fak. Sastra Unhas.
Semangat agar sekolah ini kembali menghasilkan pemimpin yang berperan memajukan daerah dan ilmu pengetahuan, yang mendorong masyarakat untuk mengembalikan peran dan fungsi komite, sebagai jembatan antara masyarakat dengan warga sekolah agar terlain komunikasi untuk mendorong kualitas pendidikan lebih baik.

Para peserta pertemuan yang dihadiri 18 orang tersebut, merasa senang dengan pertemuan ini, karena baru pertama kali komite mengadakan pertemuan sepanjang dibentuknya komite pada tahun 2002 lalu.
Kesepakatan warga untuk memungsikan Komite Sekolah di sekolah ini terlaksana melalui pertemuan pengurus dan warga sekolah (guru dan kepala sekolah) pada hari ini 24 Januari 2012. Kegiatan ini berjalan berkat kemitraan SDN Bontorikong dengan The Gowa Center melalui Pendidikan Partisipatif Menuju Pendidikan Berkualitas di Kab. Gowa. Kegiatan Pendidikan Partisipatif berjalan atas dukungan Australain Community Development and Civil Society Sterngthening Scheme (ACCESS) Phase II.
Pertemuan lanjutan diagendakan terselenggara bulan depan (Februari 2011) membicarakan beberapa hal untuk pengembangan pendidikan di sekolah dasar yang satu-satunya tedapat di desa yang pernah dipimpin oleh Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sulsel saat ini.
Peran masyarakat dalam memajukan pendidikan sangat besar, karena mereka berkewajiban mengawasi pelaksanaan pendidikan di sekolah juga seharusnya memberi sumbangan jika memiliki kemampuan baik dalam bentuk material maupun saran dan gagasan. (DN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar