Minggu, 06 Maret 2011

The Gowa Center


Gowa Center. The Gowa Center (TGC) merupakan salah satu lembaga non perintah (non government organization) atau  lebih dikenal dengan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat).  The Gowa Center saat ini berkantor di  Rumah Hijau Denassa yang beralamat  di  Jl. Borongtala No. 58 A. Kel. Tamallayang Kec. Bontonompo, Kab. Gowa - Sulsel 92153 Telpon/Fax 0418-2327529 e-mail: tgc.theowacenter@gmail.com.
Spirit Makassar

Tujuan The Gowa Center untuk mendorong perbaikan di masyarakat, melalui Spirit of Makassar, yang dapat diberi makna sebagai Semangat Makassar.
Semangat Makassar memiliki karakter yang tercermin melalui sifat jujur, berani, istiqamah, peduli, teguh pada pendirian, serta satu kata dalam perbuatan.
Semangat Makassar juga didorong melalui pencerminan pada pencapaian yang pernah diraih oleh generasi Makassar terdahulu. Ditemukannya huruf lontara oleh Daeng Pamatte1, kecerdasan dan kecintaan pada pengetahuan yang diinternaliasi Karaeng Pattinggalloang2, semangat kearifan yang dimiliki I Mallingkaang Daeng Manyonri3, semangat keilmuan Syekh Yusuf al-Makassari. Merupakan orang-orang terdahulu di jazirah selatan yang harus dicontoh.
Kita jangan sekedar berlalu  di muka bumi, tapi harus membuat tonggak-tonggak baru dengan pencapain dan karya. Inilah semangat yang ingin disebarkan The Gowa Center.
Sejarah mencatat pencapaian generasi emas Makassar itu diperoleh dengan jalan pendidikan, karena kecintaan mereka pada pengetahuan dan  kebijaksanaan. Mereka bukan orang-orang yang menutup diri, apriori, atau menakar nilai seseorang dengan jabatan, usia, dan keyakinannya. Pada masa mereka Kerajaan Gowa menjalin hubungan dengan bangsa-bangsa lain, ada juga yang pergi mencari pengetahuan dengan menjelajah negeri-negeri jauh. Mereka generasi yang sadar bahwa pengetahuan adalah jalan merubah dan mewarnai dunia. Sedangkan pengetahuan hanya bisa dicapai dengan mencarinya, dengan usaha dan kerja keras.

Oleh karena itu salah satu misi TGC adalah mendorong terwujudnya pendidikan yang berkualitas di tanah air, dengan memulainya di Gowa.  Pendidikan akan berkualitas jika semua pihak peduli dan mau terlibat. Aksi yang saat ini dilakukan TGC atas dukungan beberapa pihak adalah mendorong partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pendidikan khususnya di Kab. Gowa melalui kegiatan Pendidikan Partispatif menuju Pendidikan Berkualitas di Kab. Gowa. (TGC).

1.   Syahbandar Kerajaan Gowa pada masa pemerintahan Tumapa’risi Kallonna Raja Gowa ke-IX (1510-1547).
2.  Bernama lengkap I Manggadacinna Daeng Sitaba Sultan Mahmud Karaeng Pattinggalloang Raja Tallo   ke-VII (1639-1654).
3.   Raja Tallo ke-VI raja di Sulsel yang pertama memeluk Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar