Senin, 10 September 2012

KGPL Lokalatih di PPLH Puntondo

Gowa Center. Kelompok Guru Peduli Lingkungan (KGPL) Kecamatan Manggara'bombang (Marbo)  Kabupaten Takalar, mengikuti Lokakarya dan Pelatihan (Lokalatih) tahunan untuk penyusunan rencana kerja di Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Puntondo, 8-9 September 2012.
KGPL merupakan organisasi yang dibentuk tahun 2004, dengan tujuan menghimpun perwakilan guru Sekolah Dasar (SD) di Manggara'bombang. Secara rutin anggota KGPL yang berjumlah 34 orang, bertemu dan berkumpul melaksanakan kegiatan-kegiatan yang mendorong mereka maupun sekolah untuk peduli lingkungan.

Suasana Lokalatih KGPL Marbo 2012 di Aula PPLH Puntondo.
Dalam kegiatan yang lebih banyak berlangsung di aula PPLH itu. St. Fatima Ramadhani, Rohana, Ari, dan Darmawan Denassa menfasilitasi kegiatan, yang bertujuan menguatkan anggota KGPL menyusun visi dan misi, rencana kerja kelompok dan anggota, serta strategi dan nilai yang bisa meningkatkan sikap anggota menginternalisasi kepedulian pada lingkungkan. Selain itu mereka juga didorong menemukan strategi pelibatan beberapa pihak agar aktif menguatkan organisasi dan memahami pentingnya kegiatan lingkungan dalam pendidikan.
Sabtu (8/9) kegiatan dibuka Darwis, Kepala Sub Dinas (Kasubdin) Olahraga dan Pemuda Dinas Pendidikan Pemuda dan OLahraga (Dikpora) Takalar, ia didampingi Faisal, kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dikpora Manggara'bombang. "KGPL harus lebih berani melaksanakan kegiatan yang mencerminkan kepedulian guru pada lingkungan" pesan Darwis.
Dari pelaksanaan kegiatan yang diikuti 27 orang terdiri atas tujuh perempuan dan 20 laki-laki, lokalatih telah membantu anggota dan kelompok menyusun rencana kerja. Memasukkan materi pembelajaran lingkungan pada kurikulum, memengaruhi warga sekolah dan masyarakat agar peduli lingkungan, berkomunikasi dengan pemerintah, serta penguatan kelompok agar bisa lebih baik dan memberi manfaat (bagi anggota, siswa,  guru lain, dan warga secara luas).
Peserta, fasilitator, staf PPLH, setelah pembukaan (8/09/2012).
"Kegiatan ini membantu mereka menemukan ide pelibatan warga dan lingkungan  sekolah, serta menemukan potensi yang dimiliki agar bisa dioptimalkan mendorong kemajuan kelompok dan diri mereka" kata Naoko Wada, junior experet JICA. Naoko sejak setahun terakhir beberapa kali ikut dalam kegiatan di KGPL, ia juga secara rutin ke PPLH dan SDI Puntondo untuk mendorong anak usia sekolah senang belajar dan sekolah.

Lokalatih diberikan dengan menggunakan kekuatan sebagai pendekatan dalam melakukan perencanaan. "Sudah mulai muncul ide-ide baru diluar dari kebiasaan mereka" ungkap St. Fatima Ramadhani. Sebelumnya kegiatan KGPL masih berbentuk fisik seperti pembuatan pagar sekolah, mengecat, dan tanam pohon.
"Kami harapkan kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan lagi, karena memberi banyak hal baru bagi kami" pesan Basri ketua KGPL Manggara'bombang.

Sebagai tindak lanjut KGPL akan melaksanakan rancangan-rancangan kegiatan yang telah disusun. Dalam implementasinya PPLH Puntondo tetap diminta sebagai mitra dalam kegiatan, selain usaha pelibatan pihak lain agar peran kelompok dapat lebih optimal. "Posisi kemitraan KGPL dengan PPLH untuk pertemuan selanjutnya perlu dibuat lebih terarah lagi" saran Margaret Mc Donald relawan PPLH yang berasal dari Canada. (*)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar