Kamis, 26 Mei 2011

Outing Class di Rumah Hijau Denassa


Gowa Center. Tiga kelas siswa dari tiga sekolah berbeda masing-masing SDN Bontorikong, SDN Rappokaleleng, dan SDN Kalase’rena mengunjungi Rumah Hijau Denassa (RHD) di Borongtala, Tamallayang, Bontonompo untuk mengikuti kegiatan Outing Kelas pada Ahad, 22 Mei 2011.  Kegiatan ini bertujuan mengajari peserta didik untuk berinteraksi dengan peserta didik dari sekolah berbeda untuk mengajari mereka bersosialisasi dan saling mengenal sejak dini dalam suasana lingkungan yang terjaga.

Ketika tiba di RHD peserta diajak berinteraksi dengan mencari teman dari sekolah yang berbeda. Awalnya mereka canggung, namun karena  fasilitasi yang mengarahkan pada kesenangan mereka, seluruh peserta mengikuti sesi ini dengan baik. Peserta diminta mengenal pasangannya, dengan bertanya mulai nama hingga cerita tentang sekolahnya. Kemudian masing-masing menggambar wajah pasangannya dan merceritakan makna  gambar yang mencerminkan  temannya.
Tujuan lain kegiatan ini adalah mendorong peserta mengenali jenis sampah dan bagaimana memperlakukannya. Mereka diajari mencintai lingkungan dengan menjaga kebersihan mulai  di sekitar sekolah,  jalan yang dilalui dari sekolah ke lokasi kegiatan,  hingga selama di RHD. Peserta yang menemukan sampah anorganik di jalan yang dilewati menuju RHD harus memasukkan ke karung yang telah disediakan. Setelah tiba di RHD sampah-sampah yang mereka kumpul dijelaskan mengapa harus dipisahkan dengan melibatkan mereka secara aktif.

Peserta yang mengumpulkan sampah yang digunakan untuk mengidentifikasi jenis-jenis sampah diajak berinteraksi. Lalu diberi penjelasan mengapa sampah itu sebaiknya tidak berada di tanah. Pencemaran lingkungan dan proses panjang yang dibutuhkan untuk mengurainya agar bisa hancur secara alamiah menjadi bagian dari penjelasan kepada mereka.

Untuk menjaga kebersihan di RHD disekitar area kegiatan telah disediakan beberapa buah tempat sampah, mereka diajari memilah sampah dan menyesuaikannya dengan tempatnya. Usaha meminimalisir sampah anorganik sampai di RHD telah dilakukan dengan  menghimbau mereka beberapa hari sebelum pelaksanaan agar tidak membawa makanan yang akan menghasilkan sampah plastik. Usaha ini cukup berhasil, meskipun masih ada peserta yang membawa permen dan makanan ringan berkemasan plastik.
Sesi selanjutnya peserta mendengar kisah tentang Nabi Sulaiman dan Semut yang dibawakan Darmawan Denassa, pendiri RHD. Mereka menyimak dengan seksama, kemudian beberapa orang diminta  menyampaikan makna dari kisah itu.

Peserta Outing Class kali ini diikuti 60 orang semuanya dari kelas IV. Setelah bermain di halaman belakang RHD selama tiga jam sejak pukul tujuh pagi dilanjutkan ke Perpustakaan Denassa yang terletak satu tempat dengan kantor The Gowa Center (TGC). Dalam perpustakaan peserta diajari menggunakan perpustakaan dan memperlakukan buku dengan benar. Mereka juga mendapat pembelajaran dengan media prangko.

Kegiatan ini akan dilanjutkan pada hari Rabu (25/5/2011) dengan materi pengenalan lanjutan pada tanaman. “Ketika mengajak mereka untuk berkunjung ke RHD mereka sangat senang. Antusiame mereka selain dipengaruhi kurang variatifnya media ajar di sekolah, ketersedian tempat bermain dengan kondisi lingkungan yang baik ikut  mempengaruhi semangat mereka hadir di RHD, setiap kami mengunjungi sekolahnya mereka selalu minta diajak jalan sambil belajar” Darmawan. (RHD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar