Selasa, 08 Maret 2011

Kelurahan Tamallayang

Gowa Center News. Kelurahan Tamallayang terletak di Kec. Bontonompo Kab. Gowa. Tamallayang merupakan pemekaran Kel. Bontonompo yang dimekarkan menjadi tiga kelurahan masing-masing Tamallayang dan Kalase'rena. Kelurahan Tamallayang beribukota di Rappokaleleng pusat perdagangan di Kec. Bontonompo. Sedangkan Kec. Bontonompo sendiri beribukota di Tamallaeng sebuah kampung yang lebih spesifik di Kelurahan Tamallayang.
Secara etimologi tamallayang berasal dari dua kata taman yang bermakna tempat yang indah dan layang sebuah tempat yang berada di atas. Nama ini berikan pada tempat yang saat ini bernama Tamallayang ini karena dahulu kala terdapat taman yang indah disana.

Sebagai sebuah ibukota kecamatan, Tamallayang memiliki fasilitas yang berstandar kecamatan, seperti pasar kecamatan, kantor camat, rumah jabatan camat, aula kecamatan, puskesmas, lapangan, kantor pos, kantor polisi sektor, kantor resort militer, bank, pegadaian, toko, dll. Sedangkan fasilitas pendidikan di kelurahan ini terdapat dua unit sekolah dasar (SD Negeri Rappokaleleng dan SD Inpres Bontonompo), SMPN 1 Bontonompo, SMAN 1 Bontonompo, dua unit SMK (SMK Garudaya dan SMK Keperawatan), sebuah Pendidikan Anak Usia Dini  di Sanggar Pendidikan Anak Shaleh (PAUD SPAS) Darul Arqam, TK Pertiwi. Bahkan kantor The Gowa Center juga terletak di wilayah ini yang mengelola Sekolah Alam Bontonompo, Perpustakaan Denassa, dan sebuah Rumah Hijau. (DN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar